Tuesday, 28 April 2015

Menghitung Volume Kusen Jendela Aluminium


Pada posting sebelumnya saya menulis bagaimana kita menghitung volume dari kusen pintu aluminium sekarang saya akan mengajarkan bagaimana cara gampang menghitung volume kusen jendela seperti pada gambar berikut.

Sebagaimana kita lihat bahwa pada gambar berikut, pada bentuk kusen pintu ada dua bentuk berbeda pada lubang kusen jendela , yang pertama lubang dengan menggunakan daun jendela dan yang satu menggunakan kaca mati.

Dituliskan bahwa tiang dengan tinggi 1.30 meter dan ambang atas dan ambang bawah masing-masing 65 cm / 0.65 meter.

Bagaimana cara menghitungnya...?

Dalam dunia perdagangan aluminium khususnya kusen.. pintu ataupun jendela yang dibutuhkan adalah volume meter lari dari kusen yang akan dipasang. Jadi untuk menghasilkan volume yang dimaksud
adalah sebagai berikut :

Contoh volume kusen jendela pada gambar berikut, misalkan dengan jumlah kusen 1 buah, pertama kita hitung tinggi tiang, tiang kita lihat pada gambar ada 3 batang masing-masing memiliki ketinggian 1.30 meter, berarti (1.30 meter X 3 bh) = 3.90 meter lari (m1), lalu hitung kembali jumlah panjang dari ambang atas dan ambang bawah yang memiliki panjang masing-masing 65 cm atau disebut 0.65 meter, berarti (0.65 X 4 bh) = 2.60 meter lari (m1).

Sudah diketahui panjang 3 batang tiang adalah 3.90 meter lari dan 4 buah ambang 2.60 meter lari, lalu 2 item batangan tersebut ditambahkan menjadi 6.50 meter lari, maka volume kusen tersebut adalah 6.50 meter lari X 1 buah = 6.50 meter lari.

Itu adalah volumen dari batangan kusen dari jendela tersebut, belum terhitung volume kaca mati dan daun jendela. Selanjutnya menghitung volume kaca mati.. rumus dari volume / luas kaca adalah P x L (0.67 m x 1.24 m) = 0.8174 m2, dan jumlah daun jendela dalan kusen tersebut adalah 1 unit.   

Untuk mengetahui berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk harga kusen jendela tersebut berarti tinggal 6.50 meter lari dikalikan harga satuan kusen, volume kaca 0.8174 m2 dikalikan harga satuan, volume daun jendela dikalikan harga satuan.

No comments:

Post a Comment